content top

Jumat, 20 Januari 2012

Links Situs Pertanian Internasional

ACIAR – The Australian Centre for International Agricultural Research ACIAR membantu memecahkan masalah-masalah dalam penelitian pertanian di negara-negara berkembang. Kantor pusat ACIAR berkedudukan di Canberra, Australia.

APEC – Asia Pacific Economic http://www.apecsec.org.sg/
CAAS - Chinese Academy of Agricultural Sciences (CAAS) melaksanakan kerja sama internasional dengan lebih dari 40 negara dan lembaga-lembaga penelitian pertanian internasional.

CGIAR – Consultative Group on International Agricultural Research CGIAR mempromosikan pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Situs menyajikan informasi penelitian, pusat penelitian, publikasi, berita.

CABI – CAB International Organisasi nir laba, menyajikan informasi dan layanan ilmiah dalam bidang pertanian, kehutanan, kesehatan dan manajemen sumberdaya alam.

CIAT – Centro Internacional de Agricultura Tropica Lembaga penelitian non pemerintah, ditujukan untuk mengatasi kelaparan dan kemiskinan di negara berkembang. Situs menyajikan informasi perbaikan tanaman pangan, keanekaragaman hayati, hama dan penyakit, manajemen lahan, dan lain-lain.

CIP – Centro Internacional de la Papa International Potato Center (CIP) melalui riset ilmiahnya bertujuan membantu mengatasi kemiskinan dan mengembangkan ketahanan pangan di negara-negara berkembang. Situs meyajikan informasi antara lain kegiatan penelitian, publikasi, database, dan training.

CIRAD – Centre de cooperation Internationale en Recherche Agronomique pour le Developpement (CIRAD) : mempunyai mandat melaksanakan kerjasama dengan negara-negara berkembang untuk menghasilkan teknologi pertanian dan mendukung pengembangan pertanian berbasis isu-isu global pertanian. Situs menyajikan informasi R & D, training, pertukaran ilmiah, publikasi, dan lain-lain.

CIMMYT – Centro Internacional de Mejoramiento de Maiz y Trigo http://www.cimmyt.org
FAO – Food and Agriculture Organization  (FAO) Organisasi Pangan dan Pertanian  berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bermarkas di Roma, Italia, FAO bertujuan untuk menaikkan tingkat nutrisi dan taraf hidup; meningkatkan produksi, proses, pemasaran dan penyaluran produk pangan dan pertanian; mempromosikan pembangunan di pedesaan; dan melenyapkan kelaparan.

ICARDA – International Center for Agricultural Research in the Dry Areas ICARDA melalui kemitraan bekerjasama dengan lembaga national, regional dan internasional, universitas, organisasi non pemerintah, departemen di negara-negara berkembang maupun dengan lembaga penelitian di negara-negara maju.

ICRA – International Center for development oriented Research in Agriculture ICRA bertujuan untuk memperkuat penelitian pertanian di negara-negara berkembang melalui program pelatihan yang profesional.

ISNAR – International Service for National Agricultural Research ISNAR membantu negara-negara berkembang dalam pengembangan sistem dan organisasi penelitian pertanian nasional. Situs menyajikan kegiatan proyek dan pelatihan, forum diskusi, publikasi, dan lain-lain.

IPGRI – International Plant Genetic Resources Institute IPGRI mempunyai mandat untuk memajukan konservasi dan keanekaragaman genetik.

ILRI – International Institute for Land Reclamation and Improvement Lembaga independen, non profit, di bawah Departemen Pertanian, Manajemen Sumberdaya Alam dan Perikanan, Netherland, yang mempunyai mandat dalam pengumpulan dan penyebaran pengetahuan untuk pemanfaatan sumberdaya lahan dan air yang berkelanjutan.

IAC – International Agricultural Centre IAC berperan sebagai platform dalam pertukaran dan transfer pengetahuan siap pakai dalam manajemen beerkelanjutan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui. Memberikan pelayanan pelatihan, konsultasi dan manajemen informasi, terutama untuk negara berkembang.
ISRIC – International Soil Reference and Information Centre Pusat dokumentasi, penelitian dan training tentang pertanahan, dengan penekanan pada sumberdaya alam di negara-negara berkembang.

ISAA – International Service for the Acquisition of Agri-biotech Applications Organisasi nirlaba, memberikan informasi tentang bioteknologi pertanian. http://www.isaaa.org

IRRI – International Rice Research Institute Lembaga non profit Internasional yang bergerak di bidang penelitian dan pelatihan pertanian.
Informasi tentang perpadian yang berguna bagi peneliti, pengkaji dan penyuluh pertanian

JIRCAS – Japan International Research Center for Agricultural Sciences JIRCAS mendukung penelitian untuk ketersedian pangan global yang tangguh dan pertanian, kehutanan dan perikanan yang berkelanjutan dengan memperhatikan lingkungan.

JICA – Japan International Cooperations Agency JICA mempromosikan kerjasama untuk pembangunan dalam bidang sosial ekonomi dengan negara-negara berkembang.

NRI – Natural Resources Institute Lembaga international multi disiplin berkedudukan di Kent, United Kingdom. NRI melaksanakan penelitian, memberikan konsultasi, dan layanan pendidikan dalam bidang manajemen sumberdaya alam dan sumberdaya manusia.

RDA – Rural Development Administration (RDA) bertanggungjawab terhadap penelitian dan pengembangan teknologi pertanian; diseminasi teknologi pertanian dan pelayanan penyuluhan; kontrol kwaliti pupuk, pestisida; dan training.
RiceWeb-Salah satu situs milik International Rice Reseach Institute (IRRI) tentang perpadian.


Sumber : Badan Litbang Pertanian (Kementrian Pertanian RI)

content top